liver

Cara Mengobati Penyakit Liver

Penyakit liver adalah istilah yang digunakan ketika hati terganggu dan karenanya tidak berfungsi dengan baik. Hati adalah organ terbesar kedua dalam tubuh manusia, kira-kira seukuran bola rugby, dan memiliki dua lobus kanan (kiri). Hati ada di perut kanan atas tepat di bawah dada.

Penyakit liver adalah suatu kondisi di mana hati tidak dapat berfungsi dengan baik. Hati sebenarnya adalah organ yang dapat beregenerasi dengan cepat untuk mengganti sel yang rusak. Namun, jika kerusakan cukup terjadi, kerja hati dapat menurun dan memengaruhi kesehatan organ lain.

Penyakit liver adalah penyakit yang mempengaruhi fungsi hati. Seperti yang sudah diketahui, hati adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat dengan mudah mengganti sel-sel yang rusak. Namun, jika sel-sel yang diperlukan hilang, hati mungkin tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

liver

Faktor Penyebab Penyakit Liver

Selama jangka waktu yang lama, 20-50% penyakit hati disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan. Selain alkohol, ada banyak faktor lain yang dapat meningkatkan risiko penyakit hati, termasuk:

  1. Obesitas
  2. Terkena racun atau bahan kimia tertentu
  3. Penyalahgunaan jarum suntik
  4. Laporan yang sering tidak terlindungi atau banyak mitra
  5. Buat tato atau tindik
  6. Paparan darah orang lain atau cairan tubuh.

Cara Mengobati Penyakit Liver

Mengingat pemicu penyakit hati, ada beberapa penyakit hati yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Karenanya, tahapan perawatan dapat mengubah gaya hidup, mis. B. Menurunkan berat badan dan berhenti minum alkohol.

Namun, beberapa penyakit hati lainnya perlu diobati dengan obat-obatan, pembedahan, atau bahkan transplantasi hati. Yang paling penting adalah minum obat agar kondisi penyakit hati tidak berkembang menjadi sirosis yang mengancam jiwa pada pasien.

Pencegahan Penyakit Liver

Pengobatan untuk penyakit hati tergantung pada penyebabnya. Beberapa penyakit hati dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup seperti menurunkan berat badan dan minum alkohol, sementara penyakit hati lainnya perlu diobati dengan obat-obatan, pembedahan, atau bahkan transplantasi hati. Hal terpenting dalam pengobatan penyakit hati adalah mencegah perkembangan peradangan pada sirosis, yang berbahaya bagi pasien. Selain itu, berbagai langkah dapat diambil untuk mencegah hal ini, termasuk:

  1. Jangan berbagi jarum dan tidak melakukan hubungan seks yang aman.
  2. Cegah hepatitis dengan mengikuti program vaksinasi virus hepatitis.
  3. Pertahankan berat badan normal berdasarkan Indeks Massa Tubuh.
  4. Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol.
  5. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum minum herbal atau obat-obatan.

Baca Juga: