Jaringan Pengangkut

Jaringan Pengangkut, Pengertian, Xilem, Floem,Letak,Cara,Fungsi dan Tipe

Pengertian

Jaringan transportasi adalah jaringan yang berperan dalam pengangkutan senyawa kimia dalam tubuh tanaman.

Kemudian bekerja untuk mengangkut senyawa fotosintesis yang ditemukan di daun dan mengangkut air atau mineral keluar dari tanah.

Dengan jaringan ini, semua sel tanaman menerima nutrisi yang mereka butuhkan.

Ini adalah hasil dari pengembangan meristem primer, yang merupakan kurir utama.

Selain itu, tanaman dikotil membentuk jaringan transportasi sekunder yang dihasilkan dari pengembangan aktivitas meristem sekunder (aktivitas Cambium).

Jaringan transportasi adalah jaringan yang berguna untuk transportasi asimilasi dari daun ke semua bagian tanaman dan untuk transportasi air dan garam mineral (Kimball, 1992).

Jaringan pendukung dibagi menjadi dua bagian, xilem dan floem. Xylem adalah jaringan kompleks yang terdiri dari sel-sel mati dan hidup.

Floem adalah jaringan kompleks yang terdiri dari berbagai elemen dari jenis yang berbeda, yaitu pembuluh, parenkim berserat dan kloroid. Sel-sel terpenting dalam floem adalah tabung filter (Mulyani, 1980).

Xylem adalah jaringan campuran dari beberapa sel yang memiliki tipe paling spesifik.

Xylem memiliki dinding sel yang tebal. Dinding berkumpul karena jajaran (Kimball, 1991).

Xilem dan floem adalah pembawa zat dalam tanaman vaskular. Floem berfungsi sebagai media transportasi untuk zat yang dihasilkan dari fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tanaman (Kimball, 1991).

Jaringan floem terdiri dari berbagai jenis sel, yaitu pembuluh penyaring, parenkim dan serat floem. Sel berbentuk tabung dan ekstremitas kosong (Wilson, 1966).

aringan floem terdiri dari berbagai jenis sel, yaitu pembuluh penyaring, parenkim dan serat floem. Sel berbentuk tabung dan ekstremitas kosong (Wilson, 1966).

Jaringan transportasi pada tanaman sering disebut sebagai jaringan vaskular.

Dinamai jaringan pembuluh karena transportasi atau transportasi dalam bentuk kapal (Vasculer).

Kapal-kapal (Vaskuler) harus mengangkut air dan solusi ke seluruh sistem. Kapal-kapal termasuk xylem atau fungsi kapal kayu untuk membawa air, sementara kapal floem / kulit kayu melakukan fotosintesis dalam bentuk solusi organik.

Baik xilem dan floem terdiri dari jenis sel yang berbeda. Di bagasi utama jaringan ini adalah balok transportasi, di mana floem berada di luar dan xilem di dalamnya.

Floem dan xilem dipisahkan oleh sel-sel meristem berdinding tipis yang disebut pertukaran.

Jaringan Pengangkut Terhadap Tumbuhan

Jaringan Pengangkut
Jaringan Pengangkut

Jaringan transportasi di fasilitas ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut:

1. Jaringan Xilem / Pembuluh Kayu

Jaringan xilem adalah jaringan yang mengangkut air dan mineral dari tanah. Di mana air menembus melalui jaringan akar, organ tanaman lain seperti batang dan daun naik dari epidermis ke pembuluh kayu yang mengangkut air dan mineral.

Unsur pada jaringan xilem :

  • Xylem memiliki fungsi untuk mengangkut air dan garam mineral selama pengangkutan berselang.
  • Elemen xilem biasanya terdiri dari elemen vaskular.
  • Sel-sel memiliki bentuk memanjang yang terdiri dari trakea dan trakeid.
  • Trakea dan trakea adalah sel mati yang tidak memiliki protoplasma dan hanya dinding sel yang tersisa.
  • Trakea adalah elemen paling penting dalam sistem Xilem angiospermae dan tidak terjadi pada gymnospermae.

2. Jaringan Floem / Pembuluh Tapis

Jaringan floem dan kapal penyaring adalah jaringan transportasi di mana fungsi mengangkut hasil fotosintesis berlangsung pada daun. Titik di mana jaringan ini bekerja adalah pengangkutan glukosa dari daun ke semua sel tubuh tumbuhan.

Unsur Pada Jaringan Floem

  • Berguna untuk menyediakan makanan yang diproduksi selama fotosintesis daun di semua bagian tubuh tumbuhan.
  • Elemen floem terdiri dari elemen filter, sel dan floem bersamaan, sclereid dan serat parenkim floem
  • Floem parenchyma itu sendiri berfungsi untuk menghemat cadangan makanan

Fungsi Jaringan Pengangkut

Penjelasan terperinci berikut dari fungsinya adalah:

1. Mengangkut Air & Unsur Hara

Air adalah komponen penting dari semua organisme, termasuk tanaman di mana air bertindak sebagai pelarut untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh.

Untuk tanaman, air diperlukan yang berguna untuk menjaga tekanan turgor, sehingga sel membentuk bombastis, karena penguapan mengakibatkan hilangnya air dari seluruh tubuh tanaman.

Karena itu, tanaman selalu mencari dan menyerap air dari sumber di tanah, akar tanaman terus tumbuh dan mendekati sumber air yang ada.

2. Mengangkut Zat Hasil Proses Fotosintesis

Tumbuhan adalah organisme autotrofik di mana organisme dapat mensintesis makanan mereka melalui fotosintesis.

Senyawa karbohidrat / glukosa yang dihasilkan oleh proses fotosintesis adalah senyawa utama dalam produksi energi oleh reaksi pernapasan seluler.

Energi ini diperlukan agar tanaman dapat melakukan semua aktivitas tubuh, mulai dari pertumbuhan / perkembangan, perbanyakan, transmisi zat dan lain-lain.

Selain itu, hasil fotosintesis adalah senyawa glukosa yang diedarkan ke semua sel tubuh melalui jaringan floem yang diangkut dari daun ke sel di ujung akar.

Reaksi fotosintesis yang terjadi di daun menghasilkan senyawa yang dibutuhkan oleh semua organisme sebagai bahan penghasil energi.

Demikian pula dalam sel penyusun tubuh tumbuhan yang membutuhkan senyawa ini untuk melakukan proses metabolisme dalam tubuh.

Senyawa glukosa ini juga diangkut ke bagian pengawetan makanan (akar atau batang), yang dapat digunakan jika kondisi sekitar untuk melakukan proses fotosintesis tidak dimungkinkan.

Tipe Berkas Pengangkut

Bergantung pada posisi xilem dan floem, tipe balok balok dapat dibagi menjadi tipe collater, tipe konsentris dan tipe radial. Penjelasan berikut:

  • Jenis garansi
    Jenis jaminan ini dapat dibagi menjadi dua (2), yaitu jaminan terbuka dan jaminan tertutup. Jaminan terbuka, dalam arti bahwa kambium ada di antara xilem dan floem, sebaliknya, agunan ditutup, dalam arti bahwa tidak ada kambium atau tidak ada kambium yang ditemukan antara xilem dan floem.
  • Gaya konsentris
    Jenis konsentris ini juga dapat dibagi menjadi dua (2) atau konsentrik amfibi dan amfibi. Konsentris anfikibral dalam arti bahwa ketika xilem berada di tengah dan floem mengelilingi xylem, sebaliknya, amphivasal konsentris dalam arti bahwa floem berada di tengah dan xilem mengelilingi floem.
  • Jenis radial
    Berbeda dengan tipe lainnya, tipe radial ini menunjukkan bahwa posisi xilem dan floem bergantian sesuai dengan jari-jari lingkaran.

Sumber : contohsoal

Baca Juga :