Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Vitamin A dikenal sebagai vitamin yang dapat menjaga kesehatan mata. Namun, ternyata vitamin A juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Vitamin A atau retinol atau asam retinoat adalah nutrisi penting untuk organ visual, pertumbuhan tubuh, pembelahan sel, kesehatan sistem reproduksi dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dapat dibagi menjadi dua jenis tergantung pada asalnya:

Retinoid adalah vitamin A dari produk hewani Beta karoten adalah vitamin nabati Vitamin A juga memiliki sifat antioksidan. Antioksidan adalah zat yang dapat melindungi sel dari efek radikal bebas.

Radikal bebas dapat memicu penyakit jantung, kanker dan penyakit lainnya.

The American Heart Association merekomendasikan mengambil antioksidan seperti beta-karoten untuk mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Suplemen vitamin A dapat bermanfaat bagi orang yang memiliki pola makan yang buruk atau terbatas atau membutuhkan asupan vitamin A yang tinggi, seperti pankreas, mata, atau penyakit campak.

Kebutuhan harian vitamin A dalam tubuh adalah 900 mikrogram pada pria dewasa dan 700 mikrogram pada wanita dewasa.

Apa fungsi vitamin A bagi kesehatan?

Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh
Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin A yang dikonsumsi secara oral bisa baik untuk kesehatan Anda.

Jaga kesehatan mata Vitamin A adalah komponen penting dari molekul rhodopsin, yang diaktifkan ketika cahaya menyinari retina.

Sementara beta-karoten dalam vitamin A berperan dalam mencegah degenerasi makula, yang merupakan penyebab utama kebutaan terkait usia.

Tingkatkan daya tahan
Beberapa fungsi sistem kekebalan tergantung pada asupan vitamin A. Beberapa gen yang terlibat dalam respons sistem kekebalan diatur oleh vitamin A.

Beta karoten juga merupakan antioksidan kuat yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kekurangan vitamin A pada anak-anak dapat meningkatkan risiko infeksi seperti diare dan campak.

Atasi peradangan
Vitamin A memiliki sifat antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan pada jaringan dan sel. Konsumsi vitamin A juga dapat membantu mengurangi risiko alergi pada makanan tertentu.

Mendukung pertumbuhan kulit dan sel yang sehat
Vitamin A diperlukan untuk penyembuhan luka dan pertumbuhan kembali kulit. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit tidak sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin A dapat menyembuhkan jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Vitamin A dapat mengobati garis dan kerutan pada kulit dan membantu menghasilkan lebih banyak kolagen. Vitamin A juga dikenal menjaga kesehatan rambut.

Membantu mencegah kanker
Mengkonsumsi vitamin A dapat membantu mengobati jenis kanker tertentu karena mampu mengendalikan sel-sel ganas dalam tubuh.

Sumber vitamin A dalam makanan
Ada beberapa makanan tinggi vitamin A, seperti:

  • hati sapi
  • wortel
  • ubi jalar
  • kubis
  • bayam
  • brokoli
  • telur
  • ikan tongkol
  • mangga
  • labu kuning

Baca Juga :