Pengertian Usus Besar – Fungsi dan Bagian Bagiannya

Fungsi usus besar – Dilansir dari materibilangan.co.id Usus besar adalah salah satu usus yang membentuk sistem pencernaan. Disebut usus besar karena ukurannya lebih besar dari usus lainnya.

Diameter usus besar mencapai 6 cm. Untuk detail lebih lanjut, lihat bahan fungsional dan bagian dari bagian usus di bawah ini.

Pengertian Usus Besar

Usus besar adalah salah satu usus yang membentuk sistem pencernaan. Disebut usus besar karena ukurannya lebih besar dari usus lainnya. Diameter usus besar mencapai 6 cm. Tetapi meskipun ukurannya lebih besar, ukuran usus besar tidak terlalu panjang, rata-rata hanya sekitar 1,5-2 meter. Sedangkan ukuran usus kecil bisa mencapai 6,7 meter.

Fungsi usus besar

Usus besar adalah kelanjutan dari usus kecil, jadi yang terjadi di usus besar adalah proses penyerapan makanan yang tidak bisa dilakukan oleh usus kecil. Dalam hal struktur, usus besar memiliki struktur yang sama dengan usus dan organ dalam sistem pencernaan lainnya yang terdiri dari lapisan serosa, lapisan otot, lapisan submukosa dan lapisan lendir.

Bagian usus besar

Berikut ini adalah bagian dari usus besar, yaitu:

Sekum
Sekum adalah bagian pertama dari usus besar. Pada dasarnya, sekum adalah kombinasi dari ujung usus kecil dan menjadi awal dari usus besar. Cecum memiliki bentuk tas dengan panjang sekitar 7 cm. Fungsi utama dari sekum adalah untuk menyerap nutrisi yang tidak dapat diserap oleh usus kecil.

Usus besar
Usus besar adalah bagian terpanjang dari usus besar. Berdasarkan posisinya, kedua titik tersebut dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:

Usus besar
Usus besar berbentuk vertikal yang membentang dari atas dekat jantung ke bawah yang ada di sisi kanan perut.
Transversum Colon
Usus besar berbentuk horizontal yang membentang dari sisi kanan perut kiri. Usus besar ini direkatkan oleh jaringan omental sehingga melekat ke perut.
Usus besar
Usus besar memiliki bentuk dua titik naik tetapi terletak di sisi kiri perut.
Sigmoid Colon
Artinya, diteruskan oleh usus besar yang turun yang terletak di bagian kiri bawah perut.

Kebenaran
Rektum adalah bagian terakhir dari usus besar. Rektum terhubung langsung ke anus. Pada bagian ini ia memiliki tugas menyimpan kotoran sebelum dikeluarkan melalui anus. Kontraksi yang terjadi sebelum buang air besar juga terjadi di rektum karena ada saraf yang terhubung langsung ke otak untuk mengendalikan kontraksi ini.

Fungsi usus besar

Setelah kita tahu apa itu usus besar dan kita akan membahas fungsi usus besar, sedangkan fungsi usus besar adalah sebagai berikut:

  1. Menyerap air
    Makanan yang memasuki usus besar akan diserap oleh kadar air. Akan ada proses penyerapan air dan persiapan limbah dalam bentuk tinja yang akan dibuang melalui anus.
  2. Menyerap vitamin
    Di usus besar ada beberapa bakteri baik yang berperan dalam membantu proses pencernaan. Bakteri adalah salah satu yang menghasilkan vitamin K dalam tubuh. Efek dari operasi bakteri ini adalah membuang-buang udara.
  3. Pengurangan keasaman
    Makanan yang dicerna akan dipecah oleh bakteri baik, tetapi ada juga bakteri yang membuat makanan menjadi asam. Di usus besar ini akan mengurangi keasaman makanan.
  4. Compact feses (feses)
    Memadatkan tinja (feses) sangat penting untuk proses pembuangan tinja. Jika tidak ada pemadatan, itu akan seperti diare.
  5. Lindungi sistem pencernaan
    Bakteri baik yang ditemukan di usus besar akan membantu melawan patogen yang dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan. Lapisan mukosa usus besar juga berperan dalam mencegah penyerapan bakteri jahat di usus.
  6. Makanan penyerap yang tidak diserap oleh usus kecil
    Proses penyerapan nutrisi terjadi di usus kecil, terkadang ada nutrisi yang tertinggal. Sekarang di usus besar itu akan menyerap kembali nutrisi yang belum diserap oleh tubuh kita.
  7. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
    Kita bisa membuktikannya saat kita diare. Seseorang yang mengalami diare akan buang air besar berkali-kali di usus besar tidak tertinggal. Sehingga reaksi tubuh akan mengalami kelemahan.

Demikian pembahasan kita tentang fungsi-fungsi materi usus. Semoga bermanfaat